Rabu, 05 April 2017 - 10:26:02 WIB
PENYULUHAN TENTANG KUSTA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 85083 kali

Sebagai rumah sakit rujukan regional timur untuk penyakit kusta, RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar memegang peranan penting dalam mewujudkan eliminasi kusta di wilayah binaannya. Tidak dapat di pungkiri bahwa masih banyak stigma yang salah berkembang di masyarakat awam mengenai penyakit kusta. Ada pendapat salah yang menganggap bahwa penayakit ini adalah penyakit keturunan, ada juga yang menganggap penyakit ini adalah kutukan, semua anggapan tersebut salah, karena pada kenyataannya penyakit kusta disebabkan oleh bakteri yang disebut microbacterium leprae. Hal ini diungkapkan oleh dr. Indoupe Dhyan Makhmud pada acara penyuluhan tentang kusta di Poliklinik Spesialis RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar (3/4/2015).

            Acara penyuluhan ini berlangsung pada pukul 10:00 Wita bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat mengenai penyakit kusta, apa penyebabnya, bagaimana cara penularannya, pencegahan dan gejala-gejalanya. Acara ini merupakan bagian dari program kerja Instalasi Promosi Kesehatan.

Gejala awal penyakit kusta adalah munculnya bercak-bercak putih atau merah yang mati rasa pada kulit. Apabila ditemukan gejala tersebut diharapkan agar masyarakat segera memeriksakannya ke dokter agar dapat dideteksi dini dan mencegah terjadinya kecacatan akibat kusta. Penyakit kusta adalah penyakit yang dapat disembuhkan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari 100 orang yang terpapar, 95 orang yang tidak menjadi sakit, 3 orang sembuh sendiri tanpa obat dan 2 orang sembuh dengan meminum obat. 

Untuk pencegahan penyakit kusta sebaiknya dengan menjaga kebersihan diri dengan membiasakan cuci tangan yang baik dan benar, menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang. Masyarakat tidak perlu khawatir berdekatan dengan mantan penderita kusta yang ada di rumah sakit Tadjuddin Chalid karena para penderita tersebut sudah minum obat dan tidak menularkan bakteri lagi.



44 Komentar :

wood Burning Stove
25 April 2019 - 00:15:19 WITA

When I originally commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox and now each time a comment is added I get four emails with the same comment.
Is there any way you can remove people from that service?
Many thanks!
www.continuummusicum.it
25 April 2019 - 00:07:53 WITA

By watching other players and learning how they play.
live poker tells
24 April 2019 - 17:30:27 WITA

Search warp articles also often do well in the various search engines.
Feasible that these a good brand using a good track record that
specific keyword. Is it possible to guess what probably occured?
แจก โปรฟีฟาย ล่าสุด เพชร ล็อคหัว มอง
24 April 2019 - 17:04:13 WITA

Its not my first time to pay a quick visit this site, i am visiting
this site dailly and take good facts from here every day.
https://web.facebook.com/notes/thxgamers/%E0%B9%81%E0%B8%88%E0%B8%81-%E0%B9%82%E0%B8%9B%E0%B8%A3%E0%
24 April 2019 - 15:59:07 WITA

Hey! This is my first comment here so I just wanted
to give a quick shout out and say I genuinely enjoy reading through your
blog posts. Can you suggest any other blogs/websites/forums that cover
the same topics? Appreciate it!

Isi Komentar :
Nama
Email
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)