• SUKSES !!! RSK.Dr.Tadjuddin Chalid Makassar, Telah Meraih Akreditasi PARIPURNA..  RSTC Bisa!!    RSTC Melayani dengan Keikhlasan 
Selasa, 23 Januari 2018 - 10:24:10 WIB
PENYULUHAN TENTANG DIABETES
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Penyuluhan - Dibaca: 780 kali


Makassar, 22/1/2018 Tim Promosi Kesehatan RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar terus bergerak untuk melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Pada hari ini (Senin, 22/1/2018) Tim promosi kesehatan yang dipimpin oleh Herman, SKM., M.Kes sebagai Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di Poliklinik Spesialis RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.

Penyuluhan kali ini mengangkat tema mengenai Diabetes dengan pembicara dr. Irma Permata Sari, Sp.PD yang merupakan dokter Spesialis Penyakit Dalam di Poli Interna RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tentang pengertian Diabetes, factor resiko, gejala dan pencegahan. Diabetes adalah kelainan pada sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Diabetes bukan penyakit yang dapat disembuhkan, namun para penyandang Diabetes mampu hidup dan bertahan dari penyakit ini dalam waktu lama dengan menyeimbangkan pola makan, olahraga dan obat-obatan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui gejala awal diabetes. Gejala klasik diabetes adalah banyak minum (polidipsi), banyak makan (polifagi) dan banyak kencing (poliuri) dari tiga gejala ini biasanya terjadi penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Sedangkan gejala penyertanya adalah gatal-gatal, mengantuk, kesemutan, mata kabur, impotensi dan keputihan pada wanita.

Sedangkan mengenai faktor resiko prediabetes adalah usia diatas 45 tahun, riwayat keluarga diabetes, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Sedangkan faktor resiko diabetes ada yang dapat di modifikasi dan ada faktor resiko yang tidak dapat dimodifikasi.

Untuk pencegahan diabetes disarankan untuk memulai kebiasaan makan makanan sehat, gunakan bahan makanan yang rendah kalori dan tinggi serat seperti sayur, buah dan biji-bijian serta melakukan aktifitas fisik intensitas sedang minimal lima hari dalam seminggu, perbanyak jalan kaki, berenang atau bersepeda. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan, pertama adalah dengan mengukur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh dengan batas maksumum 1500 kkl/hari. Kedua, dengan makan makanan rendah kolesterol, tinggi serat namun rendah Glikemiks Indeks, hindari makanan yang mengandung gula serta karbohidrat. Ketiga, tetap menjaga jadwal makan 3 kali sehari untuk menjaga kestabilan gula darah.

Untuk penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk menjalani pemeriksaan laboratorium tiap 2-6 bulan sekali dan dianjurkan untuk memantau kadar gula darah dengan melakukan tes sendiri di rumah.

(HUMAS)


140 Komentar :

cara menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa ramadhan
21 Mei 2018 - 14:49:14 WITA

may it be a blessing
Belt Conveyor Karet di Malang
21 Mei 2018 - 14:43:33 WITA

semangat terus dan lebih rajin update artikel nya
Belt Conveyor Karet di Makassar
21 Mei 2018 - 10:28:36 WITA

artikel ini sangat memuaskan sangat di tunggu artikel terbarunya
Belt Conveyor PVC murah
19 Mei 2018 - 13:43:10 WITA

saya kagum dengan artikel ini banyak sekali yang berminat membaca artikel ini
Belt Conveyor PVC murah
19 Mei 2018 - 13:40:34 WITA

saya kagum dengan artikel ini banyak sekali yang berminat membaca artikel ini

Isi Komentar :
Nama
Email
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)